Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ketua Prodi: Roni Rodiyana, M.Pd.
Sekretaris: Dede Salim Nahdi, M.Pd.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Fakultas Pendidikan Dasar dan Menengah Universitas Majalengka diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 194/E/O/2011 tanggal 26 Agustus 2011. Dengan amanat tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar bertekad untuk menjadi program studi program studi yang sehat, terkemuka dan menghasilkan lulusan yang berkompetensi keguruan, berintegritas, serta berdaya saing tinggi.


VISI

Menjadi program studi yang sehat, terkemuka di Jawa Barat pada tahun 2026 dan menghasilkan lulusan yang berkompetensi keguruan, berintegritas, serta berdaya saing tinggi


MISI

1. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel untuk mewujudkan organisasi yang sehat dan bermutu.

2. Menyelenggarakan pendidikan calon guru SD yang memiliki kompetensi keguruan, berkarakter, dan berbasis kearifan lokal.

3. Melaksanakan penelitian serta mengaplikasikan hasil penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dasar.

4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan dasar.

5. Menjalin kemitraan dengan stakeholders, user, dan lembaga lain pada tingkat lokal maupun nasional untuk optimalisasi peran dan fungsi program studi.


TUJUAN

1. Terselenggaranya tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel untuk mewujudkan organisasi yang sehat dan bermutu.

2. Terselenggaranya pendidikan calon guru SD yang memiliki kompetensi keguruan, berkarakter, dan berbasis kearifan lokal.

3. Terlaksananya penelitian serta penerapan hasil penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dasar.

4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan dasar.

5. Terjalinnya kemitraan dengan stakeholders, user, dan lembaga lain pada tingkat lokal maupun nasional untuk optimalisasi peran dan fungsi program studi.