Program Studi Pendidikan Biologi

Ketua Prodi: Ipin Aripin, M.Pd.
Sekretaris:

Program Studi Pendidikan Biologi pada Fakultas Pendidikan Dasar dan Menengah Universitas Majalengka diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 83/E/O/2014 tanggal 05 Juli 2014. Dengan amanat tersebut, Program Studi Pendidikan Biologi bertekad untuk menjadi program studi terkemuka dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing.

VISI

Menjadi Program Studi yang Terkemuka pada Tahun 2026 dan menghasilkan lulusan yang Berdaya Saing Tinggi di Jawa Barat


MISI

1. Meningkatkan mutu program studi yang akuntabel melalui program pengembangan sumber daya manusia dan sarana-prasarana.

2. Menyiapkan sarjana Pendidikan Biologi yang berdaya saing tinggi di masyarakat melalui penyelenggaraan pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien serta memberikan pembekalan kompetensi bioentrepreneur.

3. Menghasilkan dan menyebarluaskan temuan-temuan penelitian pendidikan Biologi serta aplikasinya yang inovatif dan produktif sehingga mampu bersaing di tingkat Nasional melalui forum ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

4. Menjalin kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai stakeholders dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan lulusan Pendidikan Biologi.


TUJUAN

1. Terwujudnya tata kelola prodi yang akuntabel secara bertahap dan berkelanjutan melalui program pengembangan Sumber Daya Manusia dan sarana-prasarana.

2. Terselenggaranya proses pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang efektif dan efisien.

3. Terwujudnya pengembangan kompetensi wirausaha di bidang pendidikan Biologi.

4. Menghasilkan dan menyebarluaskan temuan-temuan penelitian dan produk pengembangan pembelajaran Biologi.

5. Terjalinnya kemitraan dengan stakeholders, user, dan lembaga lain pada tingkat lokal maupun nasional untuk optimalisasi peran dan fungsi program studi.

6. Terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan daya serap lulusan.